membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Thursday 30 June 2016

3 cara simpel mengatasi memori internal yang penuh dan bebas hingga 1 GB

memori internal smarthphone android anda penuh? padahal tidak banyak instal aplikasi? kalau itu yang anda cari, berarti anda tepat berada di artikel ini. karena artikel ini akan membahas 3 cara simpel mengatasi memori internal yang penuh.





beberapa waktu lalu, saya juga pernah mendapat masalah ini. tiap mau instal aplikasi, selalu saja muncul tulisan "ruang memori tidak cukup" padahal saya sendiri tidak banyak melakukan instal aplikasi. saya sudah mencoba memindahkan beberapa file foto dan video, namun hanya memberi ruang sedikit, alhasil memori kembali penuh. kemudian, mencoba cara - cara lainnya yang bertebaran di google. setelah beberapa lama akhirnya saya berhasil memberi ruang pada memori hingga 1 gb lebih. usut punya usut ternyata yang menjadi penyebab android saya penuh adalah cache, dan folder ".thumbnails".

baca juga: cara termudahmempercepat koneksi internet di android anda

cache merupakan sisa - sisa sampah yang dihasilkan dari aplikasi, foto, video, dan file lainnya. cache ini sangat berpengaruh sekali terhadap memori, bayangkan saja 1/3 memori internal android saya malah di penuhi sama sampah, pantas saja jadi penuh. selain itu, penyebab lainnya adalah

folder .thumbnails, thumbnails merupakan sebuah folder yang dibuat secara otomatis oleh sistem agar mempercepat proses loading saat membuka gambar. folder ini juga sangat besar ukurannya, pada android saya sendiri mencapai kurang lebih 700 MB.

nah kedua masalah itu yang harus kita selesaikan agar kita bisa memberi ruang pada memori internal android kita. mau tau cara nya? simak langkah langkahnya di bawah ini.

#1 mengatasi memori internal penuh dengan menghapus cache


 pertama, masuk ke pengaturan, kemudian klik manager aplikasi.




 akan muncul tampilan seperti di bawah, misalkan saya ingin menghapus cache BBM, klik aplikasi BBM tersebut.






scroll kebawah dan pilih hapus cache






seperti itulah kira - kira cara menghapus cache, namun itu karena itu secara manual, pasti akan butuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. maka dari itu, saya memberi saran agar menggunakan bantuan aplikasi pembersih cache, misalkan aplikasi yang sudah populer yaitu app cache cleaner. dengan aplikasi ini, anda akan lebih mudah untuk menghapus berbagai cache bukan hanya dari aplikasi, teteapi juga bisa menghapus cache lainnya seperti cache foto dan video.


 #2 mengatasi memori penuh dengan cara menghapus folder .thumbnail

langkah kedua yang harus anda lakukan, adalah menghapus folder .thumbnail, biasanya folder ini terletak dalam folder DCIM, jika anda tidak menemukannya, coba gunakan search. cara menghapus folder .thumbnail ini adalah masuk ke pengaturan berkas>memori internal>DCIM>tekan folder .thumbnail>hapus. oh iya, perlu di ketahui bahwa folder ini akan muncul lagi setelah anda menghapusnya, maka dari itu anda harus menghapus nya secara berkala, tentukan waktu jadwal penghapusan anda, misalkan sehari sekali, 3 hari sekali, seminggu sekali pokoknya terserah anda yang jelas folder ini yang merupakan salah satu penyebab memori internal menjadi penuh.


# pindahkan aplikasi ke memori eksternal tips lain agar menambah ruang pada memori anda, adalah dengan memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal. pindahkan aplikasi yang menurut anda menguras banyak ruang, seperti Facebook, instagram dan aplikasi lainnya. untuk cara yaitu masuk ke pengaturan>manager aplikasi> pilih aplikasi yang ingin dipindahkan> pindah ke SD. cara ini lumayan efektif untuk menambah ruang sekitar 50-200 MB. lumayan bukan daripada tidak sama sekali?

ketiga cara diatas merupakan pengalaman pribadi, jadi apabila ada perbedaan cara dan hasil mohon dimaklumi. apabila ingin memberikan saran dan kritik yang membangun silahkan bisa hubungi kontak atau langsung berkomentar di bawah.

oke selesai sudah artikel singkat mengenai cara mengatasi memori internal yang penuh dan mebersihkannya hingga 1 GB. akhir kata, semoga setelah anda membaca artikel ini, anda sukses membersihkan memori internal android anda. terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa like and share.

rekomendasi: 21 kode rahasia di android yang harus anda ketahui

1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete