membahas segala hal tentang android termasuk aplikasi, game, dan lainnya

Wednesday 29 June 2016

10 cara menghemat data di android terbukti berhasil

di era modern ini, kuota data adalah hal yang sangat penting untuk mengakses internet. seiring dengan munculnya berbagai media internet seperti google, sosial media (facebook, twitter, yahoo, dll) serta chatting tak luput dari yang namanya penghabisan kuota data. ya, hal ini sering dikeluhkan oleh para pengguna android dan OS lainnya karena borosnya penggunaan data sehingga semakin menambah pengeluaran. 

apalagi disaat sedang sangat di butuhkan, hal itu akan membuat anda galau jika kuotanya habis. saya sendiri saja, sehari kalau ngga punya kuota, rasanya hidup ini terasa hampa, wkwk. walaupun banyak provider penyedia layanan yang memberikan paket internet yang murah seperti paket unlimited, tetapi tetap saja ada batas pemakaian wajarnya, kalau sudah begitu, kembali lagi internet jadi lelet.
 








maka dari itu membatasi dan menghemat data itu penting,supaya anda tidak lagi merogoh kocek dalam - dalam untuk membeli paket internet, sayang kan uang yang begitu penting kalau hanya dipakai untuk kuota saja, apalagi sekarang sudah mau menuju lebaran, mending pake beli baju, ya toh?

baca juga: cara mudah reset android seperti baru lagi

banyak sekali penyebab mengapa kuota anda cepat habis, misalnya penggunaan aplikasi yang memakan kuota, berjalannya aplikasi yang memakai data di latar belakang, dan lain sebagainya.
nah untuk meminimalisir penggunaan data tersebut, anda bisa menggunakan berbagai tips yang akan saya jelaskan satu per satu di bawah ini.

10 cara menghemat data di android yang terbukti berhasil


 1. hapus aplikasi jejaring sosial

hal yang pertama untuk menghemat data di android ini adalah dengan menghapus aplikasi jejaring sosial. aplikasi jejaring sosial seperti facebook, instagram, dan twitter dapat membuat kuota anda menjadi boros, selain itu juga akan membuat RAM penuh, dan baterai jadi boros pula. gunakanlah aplikasi yang lebih ringan untuk mengaksesnya. dengan menghapus dan menggantinya dengan aplikasi yang ringan adalah solusi terbaiknya.



2. gunakanlah aplikasi yang ringan untuk mengakses internet


seperti yang saya telah sebutkan di atas, dengan menggunakan browser yang ringan akan lebih menghemat kuota data anda. aplikasi yang saya sarankan adalah opera mini dan UC browser, keduanya dapat menghemat data hingga 50% dijamin. hal ini dikarenakan pada saat kita mengakses internet, yang ditampilkan bukan tampilan aslinya keseluruhan, melainkan datanya di kompres terlebih dahulu dan di optimalkan, begitu kita - kira.



3. matikan data jika tidak di gunakan

selain menghemat baterai, mematikan data di saat tidak digunakan juga dapat mencegah pemborosan kuota data. berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang dan juga browser secara perlahan menyedot kuota anda yang mengakibatkan kuota menjadi boros. karena itu, matikanlah data jika tidak digunakan sebagai salah satu cara menghemat kuota anda.


4. matikan sinkronisasi

tanpa anda ketahui, sinkronisasi yang berjalan di latar belakang sangat berpengaruh terhadap kuota anda. karena itu, menonaktifkan sinkronisasi adalah hal penting untuk menghemat data. caranya masuk ke setting > akun & sinkronisasi > matikan sinkronisasi otomatis

5. batasi penggunaan data dengan mobile data

dengan cara ini, kita bisa lebih bisa tenang terhadap penggunaan data, hal ini karena apabila kita menggunakan data melebihi batas data yang telah di setting akan muncul peringatan. selain itu, dengan fitur mobile data ini kita bisa memonitoring aplikasi mana saja yang menyebabkan pemborosan kuota. caranya masuk ke pengaturan > data usage

6. hindari banyak streaming

data yang digunakan untuk streaming seperti streaming video di youtube, streaming musik dan video akan cepat terkuras habis. maka dari itu, hindari penggunaan data untuk streaming, akan lebih baik jika anda menggunakannya secara offline, anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu apabila terhubung dengan wifi.

7. matikan auto-update aplikasi

pembaharuan aplikasi yang secara otomatis pasti akan membuat kuota boros, apalagi aplikasi yang mempunyai ukuran besar. caranya mematikannya yaitu masuk ke playstore > pengaturan > auto update > jangan perbarui otomatis/hanya melalui wifi.

8. matikan data pada saat menjalankan aplikasi maupun game



biasanya pada saat kita membuka sebuah aplikasi maupun game akan muncul iklan, nah iklan inilah yang menyedot kuota anda. sehingga adalah hal yang sangat baik jika anda menonaktifkan data pada saat membuka sebuah aplikasi/game.


9. apabila anda pengguna chrome, sebaiknya gunakan fitur data saver

agar lebih hemat saat browsing menggunakan chrome anda bisa menggunakan salah satu fiturnya yaitu data saver, dengan fitur ini anda bisa mengompres data hingga 50% dibandingkan dengan aslinya. untuk mengaktifkannya, silahkan masuk ke chrome> pengaturan> data saver> on


10. back up aplikasi jika anda mau menghapusnya

hal ini berguna agar pada saat anda ingin menginstalnya kembali, anda tidak perlu repot - repot mengunduhnya dari play store, anda bisa langsung memasangnya dari memori. jadi anda bisa lebih menghemat penggunaan kuota data.

11. hindari game online

saat ini banyak sekali game yang menawarkan keseruannya dengan berbagai tampilan yang menarik namun secara online,dulu juga saya sering bermain game online, yaitu coc. buat para gamer, hindari untuk bermain game secara online, hal ini karena selain menguras baterai, bermain game online juga menguras isi dompet perminggu nya karena harus mengunakan kuota data.


itulah 11 tips mengenai cara menghemat data di android. lakukan tips - tips di atas agar anda bisa lebih menghemat data, serta mengurangi pengeluaran. kan buat beli baju lebaran. selesai juga artikel ini, akhir kata terima kasih telah berkunjung. jangan lupa like and share

baca juga: cara terbaik mempercepat koneksi internet di android



No comments:

Post a Comment